Tips Terbaik Cara Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen di Waktu yang Tepat

Pentingnya Vitamin dan Suplemen saat Pandemi COVID-19. Healthek.com

Healthek.com – Pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, menjaga kebugaran dan kesehatan merupakan hal yang perlu dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi berupa konsumsi vitamin dan suplemen.

Umumnya, vitamin dan suplemen ini dikonsumsi seseorang setiap pagi untuk mendapat manfaatnya seharian. Waktu dan cara konsumsi yang tepat perlu diperhatikan untuk mendapat manfaat luar biasa dari konsumsi vitamin dan suplemen ini.

Dilansir dari Goop, sebagian besar suplemen dan vitamin dapat bekerja efektif dengan makanan. Sebagian besar vitamin yang larut dengan lemak, bisa bekerja dengan efektif jika dikonsumsi dekat dengan jam makan.

Jenis vitamin yang bisa berdampak maksimal ketika dikonsumsi bersama dengan makanan ini adalah vitamin A, D, E, dan K. Khusus vitamin D, agar lebih maksimal, disarankan untuk mengonsumsinya dekat dengan ketika kamu makan dalam porsi cukup besar.

Demi terserapnya vitamin secara maksimal, pastikan kamu juga menyantap makanan yang mengandung lemak sebelumnya. Jenis makanan yang bisa membuat vitamin dan suplemen bekerja maksimal adalah telur, minyak zaitun, serta alpukat.

Jenis makanan lain yang bisa membuat suplemen bekerja maksimal adalah probiotik. Konsumsi suplemen dekat dengan waktu makan ini membantu membawa bakteri ke dalam usus sehingga terjadi proses sintesis dan juga menyehatkan tubuh.

Pentingnya Waktu Konsumsi

Dilansir dari The Checklist, waktu yang tepat dalam mengonsumsi makanan juga sangat penting untuk memaksimalkan manfaatnya. Sebagai contoh, vitamin C bisa menyebabkan mual dan masalah pencernaan ketika dikonsumsi pada saat perut kosong.

Pastikan juga untuk mengonsumsinya dekat dengan jam makan untuk memperoleh manfaatnya secara ideal. Pada suplemen berupa magnesium, kamu bisa mengonsumsinya setelah makan malam karena bisa membuatmu jadi lebih tenang dan santai.

Sejumlah vitamin seperti B6, CoQ10, dan suplemen peningkat metabolisme sebaiknya dikonsumsi di pagi hari karena meningkatkan energimu. Walau begitu, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan sekali minum. Dibanding mengonsumsinya langsung dalam jumlah besar pada pagi atau malam hari, minum suplemen dan vitamin tersebut beberapa kali dalam satu hari.

Pada suplemen yang larut di air, pastikan untuk cukup air minum agar bisa cepat mencernanya. Hal ini penting dilakukan pada saat mengonsumsi vitamin B dan C. Vitamin C juga diketahui bisa bekerja dengan baik bersama zat besi sehingga bisa dikonsumsi bersamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *