Tips Olahraga Dirumah Untuk Traveling Usai Pendemi

Selama pandemi Covid-19 banyak sekali hal yang berubah, termasuk cara berolahraga. Biasanya setiap aktivitas olahraga dilakukan diluar rumah kini harus diubah dengan melakukannya didalam rumah. Namun demikian, kesehatan bisa selalu terjaga dengan melakukan olahraga yang teratur.

Bagi anda yang masih menyukai olahraga, tapi dengan sedikit membiasakan diri dengan tidak meninggalkan rumah, latihan dibawah ini bisa menjadi alternatif untuk dilakukan. Latihan olahraga dirumah ini bisa menjadi persiapan anda untuk kembali beraktivitas seperti normal kembali setelah pandemi Covid-19 berakhir nanti.

  • Push Up
    Push up sangatlah bermanfaat sekali bagi tubuh anda. Menerapkan olahraga ringan seperti push up selama latihan olahraga dirumah membantu meningkatkan kekuatan fungsional tubuh, mebantu perenggangan otot, meningkatkan sistem kardiovaskular, melindungi bahu dari cedera, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan testoteron dan mengurangi risiko osteoporosis.

    Cara mudah saja, cukup anda membentangkan tubuh dengan merentangkan kaki yang lurus kebelakang. jari-jari kaki dan telapak tangan menyangga tubuh, kemudian atur nafas anda sembari menekukan siku dan menurunkan tubuh kebawah dan keatas secara berulang kali selama 5-10 kali dalam sesi latihan, kalau anda belum terbiasa dengan push up bisa berlatih menghadap ke tembok dan mengayunkan tubuh secara perlahan.
  • Yoga
    Jika kamu rutin melakukan Yoga, mental dan racun di dalam tubuh akan terurai secara perlahan lewat keringat dan pernapasan. Ffleksibilitas tubuh juga meningkat, sehingga kamu bisa terhindar dari cedera saat berpetualang. Rutin Yoga di pagi atau sore hari juga bisa mengatur berat badan kamu, sehingga kamu bisa terhindar dari penyakit jantung dan kolesterol. Terapi Yoga dengan instruktur khusus juga terbukti membantu penyembuhan penyakit berat seperti kanker, asma, artritis, dan tekanan darah tinggi.

  • Lompat Tali
    Lompat tali termasuk dalam plyometric, yakni olahraga yang dapat meningkatkan gerak refleks, koordinasi dan keseimbangan tubuh, sekaligus meningkatkan kekuatan jantung dan menurunkan risiko kolesterol. Lakukan pemanasan sebelum melompat dan siapkan ruangan yang memadai untuk melakukan olahraga ini. Ada baiknya menggunakan sepatu olahraga yang tepat agar terhindar dari cedera.
  • Sit Up
    Olahraga ringan yang satu ini bisa membantu kekuatan otot perut kamu dan latihan olahraga praktis yang bisa dilakukan di rumah. Kamu cukup tidur terlentang di lantai dengan alas matras, kemudian tekuk kaki hingga lutut meruncing ke langit-langit. Letakkan telapak tangan di belakang kepala, kemudian angkat tubuh hingga dada menyentuh paha. Ulangi selama 10 kali dalam satu sesi latihan, kamu bisa meningkatkan kuantitas latihan jika sudah terbiasa sit up.

Beberapa latihan olahraga di atas merupakan rangkaian yang terpisah. Gerakannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, atau tidak semua latihan yang kami rekomendasikan harus kamu lakukan setiap hari. Kuncinya memahami kondisi tubuh agar terhindar dari cedera dan risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari. Selain itu latihan yang tepat juga bisa mempersiapkan kamu untuk kembali berpetualang setelah pandemi Covid-19 berakhir nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *