Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan

Salmon adalah ikan yang biasa dikonsumsi dan dipuji karena kandungan protein dan asam lemak omega 3-nya tinggi. Ikan berlemak populer ini memang sarat dengan nutrisi dan dapat mengurangi faktor risiko beberapa penyakit. Tak hanya menyehatkan, ikan salmon juga relatif memiliki rasa yang enak enak, mudah diolah, dan banyak tersedia, sehingga cukup menggiurkan.

Berikut ini adalah kumpulkan manfaat ikan salmon untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan:

  1. Mengurangi risiko kanker

Melansir Health Line, ikan salmon adalah salah satu sumber terbaik asam lemak omega 3 rantai panjang EPA dan DHA. Porsi salmon budidaya 3,5 ons (100 gram) memiliki 2,3 gram asam lemak omega 3 rantai panjang, sedangkan salmon liar dalam porsi yang sama bisa mengandung 2,6 gram. Tidak seperti kebanyakan lemak lainnya, lemak omega 3 dianggap “esensial”, artinya seseorang harus mendapatkannya dari makanan karena tubuh tidak dapat membuatnya. Meskipun tidak ada asupan harian yang direkomendasikan (RDI) asam lemak omega 3, banyak organisasi kesehatan merekomendasikan agar orang dewasa yang sehat mendapatkan minimal 250-500 mg gabungan EPA dan DHA per hari.
EPA dan DHA sendiri telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, seperti:

  • Mengurangi peradangan
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengurangi risiko kanker
  • Meningkatkan fungsi sel yang melapisi arteri

Analisis pada 2012 terhadap 16 studi terkontrol menemukan bahwa mengonsumsi 0,45–4,5 gram asam lemak omega 3 per hari dapat menyebabkan peningkatan signifikan pada fungsi arteri. Terlebih lagi, penelitian telah menunjukkan bahwa mendapatkan lemak omega 3 dari ikan ini dapat meningkatkan kadar dalam tubuh sama efektifnya dengan melengkapi dengan kapsul minyak ikan. Mengenai seberapa banyak ikan yang dimakan, mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan salmon per minggu dapat membantu memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 orang dewasa.

  1. Melindungi kesehatan tulang hingga menjaga massa otot

    Salmon kaya akan protein berkualitas tinggi. Seperti lemak omega 3, protein adalah nutrisi penting yang harus dapatkan dari makanan.

Protein memainkan sejumlah peran penting dalam tubuh, termasuk: Membantu tubuh sembuh setelah cedera Melindungi kesehatan tulang Menjaga massa otot selama penurunan berat badan dan proses penuaan Penelitian terbaru menemukan bahwa untuk kesehatan yang optimal, setiap makanan harus menyediakan setidaknya 20-30 gram protein berkualitas tinggi. Satu porsi salmon 100 gram sendiri bisa mengandung 22-25 gram protein.

  1. Sehatkan Jantung

Protein memainkan sejumlah peran penting dalam tubuh, termasuk: Membantu tubuh sembuh setelah cedera Melindungi kesehatan tulang Menjaga massa otot selama penurunan berat badan dan proses penuaan Penelitian terbaru menemukan bahwa untuk kesehatan yang optimal, setiap makanan harus menyediakan setidaknya 20-30 gram protein berkualitas tinggi. Satu porsi salmon 100 gram sendiri bisa mengandung 22-25 gram protein.

Salmon adalah sumber vitamin B yang sangat baik.

Di bawah ini adalah kandungan vitamin B dalam 3,5 ons (100 gram) salmon liar:

  • Vitamin B1 (thiamin): 18 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B1 harian
  • Vitamin B2 (riboflavin): 29 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B2 harian
  • Vitamin B3 (niasin): 50 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B3 harian
  • Vitamin B5 (asam pantotenat): 19 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B5 harian
  • Vitamin B6: 47 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B6 harian
  • Vitamin B9 (asam folat): 7 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B9 harian
  • Vitamin B12: 51 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B12 harian

Vitamin-vitamin ini terbukti terlibat dalam beberapa proses penting dalam tubuh, termasuk:
Mengubah makanan yang Anda makan menjadi energi
Membuat dan memperbaiki DNA
Mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan penyakit jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa semua vitamin B bekerja sama untuk menjaga fungsi optimal otak dan sistem saraf.

Sayangnya, bahkan orang-orang di negara maju mungkin kekurangan satu atau lebih vitamin ini.

  1. Kontrol tekanan darah hingga mengurangi risiko stroke

Salmon cukup tinggi kaliumnya.
Hal ini terutama berlaku untuk salmon liar, yang sanggup menyediakan 18 persen dari jumlah kebutuhan kalium atau potassium per 100 gram bahan.

Sementara, 100 gramsalmon budidaya sanggup menyediakan 11 persen kebutuhan kalium harian.
Faktanya, salmon mengandung lebih banyak potasium daripada jumlah yang setara dengan pisang, yang menyediakan 10 persen dari jumlah kebutuhan kalium harian.

Kalium sendiri dapat membantu mengontrol tekanan darah. Ini juga mengurangi risiko stroke.
Analisis besar dari 31 penelitian menemukan bahwa melengkapi dengan kalium secara signifikan mengurangi tekanan darah, terutama bila ditambahkan ke diet tinggi natrium.
Salah satu cara kalium menurunkan tekanan darah adalah dengan mencegah retensi air berlebih.

Sebuah studi menemukan bahwa membatasi kalium menyebabkan peningkatan retensi air dan tekanan darah pada orang sehat dengan tekanan darah normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *