Beberapa Wilayah Jakarta Mengalami Banjir Setelah Hujan Deras

Jakarta- Akibat hujan deras pada minggu dini hari, beberapa wilayah Jakarta mengalami kebanjiran. Salah satu banjir yang melanda kawasan Jakarta Barat daerah tepat di perumahan Green Ville, Jalan Arjuna Selatan, dan Jalan depan Green Garden, serta Duri Kepa.

Sedangkan di wilayah lainnya di Jakarta Utara yang mengalami banjir yaitu Kapuk Muara, hingga sampai Kali Angke. Untuk wilayah Jakarta Pusat beradi di Jalan Karet, Kec. Pasar Baru Barat.

Salah satu lokasi terparah di daerah Jakarta Barat di Duri Kepa. Ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, melaporkan tinggi muka air di Bendungan Katulampa Bogor, Jawa Barat berstastus siaga 3 atau waspada. BPBD mengingatkan masyarakat yang tinggal di bantaran kali untuk mewaspadai datangnya banjir kiriman.

Air Bendungan Katulampa terus naik. Dijelaskan, pada pukul 04.00 WIB tinggi muka air 50cm.
“Petugas BPBD DKI Jakarta menginformasikan bahwa pada pukul 06.00 WIB ketinggian air di Bendungan Katulampa mencapai 130cm. Dihimbau kepada warga di bantaran sungai agar waspada dan berhati-hati terhadap bahaya banjir,” kata petugas BPBD,”

Tinggi muka air di pintu air Pasar Ikan, Jakarta Utara, naik signifikan menjadi 205 cm pada Minggu (7/2/2021) dini hari sehingga statusnya ditingkatkan menjadi Siaga II menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

Menurut siaran informasi di akun media sosial BPBD DKI Jakarta, Sabtu (6/2/2021) pukul 22.00 WIB tinggi muka air di pintu air Pasar Ikan 165 cm dan statusnya masih Siaga III.

Pada pukul 23.00 WIB, menurut BPBD, gerimis turun dan tinggi muka air naik di pintu air itu menjadi 198 cm dan statusnya masih Siaga III.

Pukul 00.00 WIB, tinggi muka air di pintu air Pasar Ikan turun menjadi 182 cm dan statusnya Siaga III. Sekitar satu jam kemudian, tinggi muka air di pintu air itu naik menjadi 184 cm.

BPBD DKI Jakarta kembali memperbarui data tinggi muka air di Pasar Ikan pada Minggu pukul 02.00 WIB, menyebutkan bahwa tinggi muka air di pintu air itu naik drastis menjadi 205 cm karena hujan turun dan statusnya ditingkatkan menjadi Siaga II.

BPBD mengingatkan bahwa banjir berpotensi melanda daerah Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Marunda, Kamal, Cilincing, dan Kalibaru.

BPBD DKI Jakarta sudah menyampaikan informasi mengenai peningkatan tinggi muka air dan kemungkinan terjadi banjir kepada para camat serta lurah.​​​​​​​

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *