Beberapa Tanda Tubuh Anda Kekurangan Zat Besi

5 Makanan Kaya Zat Besi untuk Bayi, Intip Juga Resep MPASI-nya, Moms

Healthek.com – Zat besi adalah salah satu mineral yang penting untuk tubuh. Saat kekurangan zat besi, tubuh tidak bisa memproduksi sel darah merah pembawa oksigen secara optimal. Dalam dunia medis, kondisi kekurangan zat besi ini dikenal sebagai anemia defisiensi zat besi.

fungsi zat besi antara lain:

Membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh Menunjang fungsi otak dan daya tahan tubuh Menjaga sel, kulit, rambut, dan kuku agar tetap sehat Mengingat pentingya fungsi mineral ini bagi tubuh, kenali beragam tanda kekurangan zat besi yang perlu diwaspadai:

  • Kelelahan parah

Ciri-ciri tubuh kekurangan zat besi yakni tubuh terasa sangat lelah sampai sulit berkonsentrasi. Kelelahan ekstrem ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan oksigen.

Hal itu dipengaruhi produksi protein hemoglobin yang terhambat lantaran minimnya zat besi. Tanpa hemoglobin memadai, oksigen yang beredar di jaringan dan otot tubuh juga ikut berkurang.

Selain itu, jantung juga dipaksa bekerja lebih keras untuk memindahkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh. Hal itu juga bisa menyebabkan kelelahan.

  • Kulit pucat

Kulit pucat terutama di bagian dalam kelopak mata bawah juga bisa menjadi tanda kekurangan zat besi.

Hemoglobin dalam sel darah merah dapat memberi warna merah pada darah. Sehingga, orang yang kekurangan zat besi warna darahnya cenderung tidak terlalu merah.

Selain di bagian dalam kelopak mata bagian bawah, kulit pucat pada orang yang kekurangan zat besi bisa terlihat di wajah, gusi, dan bibir.

  • Sesak napas

Hemoglobin memungkinkan sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, ketika kadar hemoglobin rendah karena terdampak kekurangan zat besi, otot jadi kekurangan oksigen untuk beraktivitas.

Akibatnya, laju pernapasan ikut meningkat seiring upaya tubuh untuk mendapatkan lebih banyak oksigen. Tak pelak, banyak orang sesak napas saat kekurangan oksigen.

  • Sakit Kepala dan Pusing

Sakit kepala dan pusing bisa menjadi gejala kekurangan oksigen, terutama pada wanita.

Sakit kepala dapat terjadi karena otak kekurangan oksigen akibat rendahnya kadar hemoglobin. Hal itu membuat pembuluh darah di otak membengkak, tertekan, dan memicu sakit kepala.

  • Jantung Berdebar-debar Kencang

Ciri-ciri kekurangan zat besi dapat berupa jantung berdebar-debar. Hal itu dipengaruhi minimnya pasokan oksigen ke tubuh.

Kekurangan zat besi membuat kadar hemoglobin rendah dan oksigen yang diangkut ke seluruh tubuh ikut berkurang. Hal itu menyebabkan detak jantung cepat.

Apabila tidak segera ditangani, kondisi ini bisa menyebabkan jantung bengkak sampai gagal jantung.

  • Rambut dan kulit kering dan rusak

Tanda kekurangan zat besi lainnya terlihat pada rambut dan kulit yang kering dan rusak. Zat besi menunjang pertumbuhan rambut dan regenerasi sel kulit. Tanpa asupan yang cukup, rambut jadi gampang rontok dan kulit jadi kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *