Beberapa Minuman Energi Alami Untuk kesehatan yang Bisa Dibuat Sendiri

5 Masalah Kesehatan Ini Terjadi Karena Kebanyakan Konsumsi Minuman Energi

Healthek.com – Minuman energi dianggap perlu oleh sebagian besar orang untuk menunjang aktivitas berat sehari-hari. Terutama bagi para atlet, yang dituntut untuk tetap berenergi menjalani latihan, bisa mencapai 8 jam sehari.

Guna menunjang kebutuhan energi tersebut, tak jarang sebagian orang akan menambah asupan melalui minuman berenergi.

Kini sudah banyak minuman energi yang dijual bebas di toko-toko. Namun selain minuman energi kemasan, ada pula yang alami dan dipercaya sejak nenek moyang.

Beberapa tanaman herbal dan buah bisa menjadi bahan alami untuk membuat minuman energi. Sebagian dari kita mungkin tak menyadari bahwa minuman energi yang diperoleh di pasaran, penuh dengan bahan pengawet atau bahan kimia berbahaya.

Itulah sebabnya, yang terbaik adalah membuat minuman energi dengan bahan alami. Minuman energi alami bisa dibuat sendiri, untuk tetap aktif dan terhidrasi.

Itulah sebabnya, resep minuman berenergi buatan sendiri sangat bermanfaat. Bagian terbaiknya adalah tidak sulit untuk menyiapkan minuman energi alami buatan sendiri ini.

Berikut beberapa minuman energi alami yang bisa dibuat sendiri, aman dan berkhasiat.

  • Air kelapa

Air kelapa kaya akan potasium yang merupakan elektrolit penting bagi tubuh. Dilansir dari Boldsky, akan semakin nikmat dan menambah kandungan nilai gizi bisa ditambahkan spirulina. Spirulina adalah alga alami yang mengandung banyak asam amino. Campur satu sendok makan bubuk spiriluna dengan air kelapa, aduk dan teguk.

Selain itu, air kelapa muda mengandung banyak vitamin dan rendah kalori. Cara lain untuk membuat minuman energi bisa dengan mencampurkan bahan alami berikut:

  • Air kelapa segar
  • Lemon
  • Jeruk sesuai selera
  • 1 sendok minyak kelapa
  • Seperempat sendok garam

Cara membuatnya, campurkan air kelapa dengan air perasan lemon dan jeruk. Lalu tambahkan minyak kelapa dan garam. Aduk hingga tercampur rata, dan siap diminum.

  • Smoothie Pisang dan Madu

Pisang mengandung karbohidrat dan gula alami yang memberi Anda energi instan. Ini menjadi salah satu minuman energi alami favorit bagi banyak orang. Ditambah lagi, pisang dan kelapa itu mengandung potasium yang bermanfaat bagi keseimbangan cairan tubuh.

Cara membuat minuman energi alami yang pertama:

Blender dua pisang dengan susu dan satu sendok teh madu. Smoothie pisang dan madu ini akan meningkatkan stamina Anda secara instan.

Cara membuat minuman energi alami dari pisang, kedua:

Siapkan setengah potong pisang, setengah gelas air kelapa muda, dan setengah gelas jeruk. Cukup blender semua bahan. Dinginkan dalam kulkas atau beri es batu dan minuman energi siap dinikmati.

  • Air Jeruk Nipis

Selanjutnya ada resep minuman energi yang cocok dinikmati saat musim panas. Saat suhu naik, tentu kita akan banyak berkeringat. Bila tak ada air kelapa muda sebagai pengganti elektrolit, bisa dengan menikmati air jeruk nipis.

Masih dari lansiran yang sama, cara membuatnya:

  • Tambahkan 2 sendok makan jus lemon ke segelas air dingin.
  • Kemudian tambahkan setengah sendok teh garam dan setengah sendok teh gula ke dalamnya, aduk rata.
  • Air jeruk nipis ini membantu mengembalikan elektrolit ke aliran darah dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Minuman Cuka Sari Apel

Cuka sari apel terkenal sebagai minuman detoksifikasi alami untuk tubuh. Ini juga membantu membakar lemak yang terkumpul di bawah kulit. Campurkan cuka sari apel dengan sirup maple atau madu, dan minumlah minuman energi ini agar tetap bugar dan langsing.

  • Telur Mentah

Telur mentah bisa untuk dijadikan bahan minuman energi alami, meski sebenarnya belum ada bukti dari penelitian ilmiah. Tapi sebagian besar masyarakat Indonesia telah mempercayai khasiat telur mentah sebagai penambah energi.

Telur Ayam Kampung Mentah

Apalagi telur ayam kampung mentah yang memang mampu memberikan energi tambahan. Bahkan bila dikonsumsi mentah ini, mengandung protein, karbohidrat, dan zat besi lebih banyak dibandingkan yang telah dimasak.

Umumnya telur ayam kampung mentah disantap langsung. Tak jarang pula yang mencampurkan telur ayam kampung mentah dengan jamu atau susu.

  • Telur Bebek Mentah

Minuman energi selanjutnya yang telah dipercaya sejak lama, sebagai ramuan minuman energi. Terkadang ada yang menyantap dengan dimakan langsung utuh atau diambil kuning telurnya saja. Tapi karena mengandung banyak lemak, sehingga sebaiknya dikonsumsi satu atau dua bulan sekali. Cara lain untuk mengonsumsi telur bebek mentah:

  • Siapkan kuning telur bebek mentah dalam gelas.
  • Tuang minuman soda atau sprite secukupnya sesuai selera.
  • Di wadah berbeda, hancurkan satu siung bawang putih dan campur satu sendok madu.
  • Masukkan bawang tadi dalam gelas dan aduk rata. Minuman energi siap dinikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *