Beberapa Makanan Pahit yang Menyehatkan Bagi Tubuh

5 Manfaat Mengonsumsi Makanan Pahit untuk Kesehatan|Glitzmedia.co

Healthek.com — Rasa pahit merupakan salah satu rasa yang dihindari oleh banyak orang. Pahit merupakan rasa yang tidak bisa dinikmati oleh lidah kebanyakan orang.

Sebagian besar orang lebih menyukai rasa manis dan asin dari makanan. Hal ini menyebabkan keduanya digunakan lebih banyak pada sejumlah makanan yang kita nikmati sehari-hari.

Walau rasa ini tidak disukai, namun siapa sangka bahwa makanan ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat sehat yang mungkin muncul adalah bisa meningkatkan ketahanan tubuh.

Makanan dengan rasa pahit yang kuat diketahui bisa meningkatkan air liur dan asam di perut. Mengonsumsi makanan ini bisa membantu merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan.

Makanan dengan rasa pahit juga bisa mencegah masalah lambung serta peradangan di tubuh. Kandungan tinggi nutrisi di dalamnya juga bisa meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh.

Berbagai manfaat luar biasa tersebut bisa diperoleh dari sejumlah makanan dengan rasa pahit di dalamnya. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah makanan pahit yang memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh.

  1. Pare

Pare merupakan sayuran yang terknenal dengan rasa pahit di dalamnya. Walau begitu, sejumlah makanan tetap menggunakan pare sebagai salah satu bahan di dalamnya.

Sayuran ini memiliki kandungan fitokimia seperti triterpenoids, polifenol, dan flavonoid yang bisa memperlambat sel kanker. Sayuran ini juga merupakan obat alami untuk menurunkan gula darah serta memiliki kandungan antioksidan untuk mencegah kerusakan sel.

  1. Sayuran Krusifer

Sayuran krusifer merupakan salah satu sayuran dengan rasa pahit di dalamnya walau tidak begitu kuat. Sayuran jenis ini mencakup brokoli, kubis, lobak, serta bayam.

Sayuran jenis ini memiliki rasa yang kuat karena keberadaan kandungan glukosinolat di dalamnya. Penelitian juga mengungkap bahwa mereka yang mengonsumsi sayur ini menjadi lebih tahan terhadap kanker.

  1. Kokoa

Kokoa merupakan tanaman penghasil cokelat dengan rasa asli yang pahit. Walau begitu, makanan ini memiliki manfaat sehat yang tidak boleh disepelekan.

Rasa pahit dari makanan ini disebabkan kandungan polifenol dan antioksidan di dalamnya. Kandungan ini bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Makanan ini memiliki kandungan mineral seperti zinc, tembaga, mangan, magnesium, dan zat besi.

  1. Kulit Jeruk

Buah-buahan sitrus seperti jeruk dan lemon memiliki kandungan vitamin C di dalamnya. Walau begitu, manfaat sehat ini tidak hanya terdapat pada buahnya saja namun juga pada kulitnya.

Kulit jeruk memiliki rasa pahit karena kandungan flavonoids di dalamnya. Kandungan ini lebih tinggi pada bagian kulit dan bukan pada bagian buah.

  1. Teh Hijau

Teh hijau memiliki sejumlah manfaat kesehatan di dalamnya. Minuman ini memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, meningkatkan pencernaan, daya tahan tubuh, serta kesehatan kardiovaskular.

Rasa pahit yang ada di dalam teh hijau disebabkan karena kandungan katekin dan polifenol. Mengganti kopi dan teh hitam yang biasa kamu konsumsi dengan teh hijau bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *