Beberapa Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung

Kapan Waktu Yang Tepat Makan Buah-buahan? - CEPAGRAM

Healthek.com – Memakan cemilan merupakan salah satu cara mengendalikan penyakit asam lambung agar tidak sering kambuh.

Penderita penyakit yang juga dikenal dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) ini perlu menjalankan pola makan sehat ramah asam lambung.

Menurut RefluxMD, alih-alih makan tiga kali sehari dengan porsi yang banyak, penderita asam lambung lebih disarankan makan tiga kali sehari dengan porsi kecil dan dua kali mengudap camilan.

Dengan makan camilan sehat, penderita asam lambung bisa meminimalkan keinginan makan berlebihan.

Dilansir dari Verywell Health, penderita asam lambung disarankan mengonsumsi banyak serat dan menghindari makanan tinggi lemak jahat yang memicu naiknya asam lambung.

Berikut beberapa rekomendasi makanan camilan untuk penderita asam lambung:

  • Buah

Pilih camilan buah yang rasanya tidak terlalu asam karena bisa memicu asam lambung naik bagi sebagian penderita. Penderita asam lambung boleh makan buah seperti pisang, pir, semangka, apel manis, melon, bengkuang, anggur, atau buah lain yang tidak terlalu asam. Sebagian penderita, terkadang asam lambungnya kambuh setelah makan buah jeruk, jeruk bali, lemon, atau nanas.

  • Sayur

Seperti buah, semua jenis sayuran pada dasarnya termasuk camilan yang baik untuk penderita asam lambung.

Pilih camilan seperti wortel baby, seledri dengan sedikit selai kacang, mentimun, jamur, seledri, atau brokoli. Tapi, hati-hati.

Sebagian penderita lambungnya cukup sensitif setelah mengonsumsi tomat, paprika, pare, atau bawang. Selalu tandai beberapa sayur yang bisa membuat penyakit asam lambung kambuh.

  • Biji-bijian utuh

Pilih biji-bijian utuh yang tinggi serat sebagai camilan untuk penderita asam lambung.

Di antaranya makanan yang terbuat dari beras merah, oat, gandum utuh, quinoa, dll. Hal yang tak kalah penting diperhatikan, hindari makan camilan dari biji-bijian utuh terlalu banyak. Cukup makan dengan porsi kecil.

  • Susu rendah lemak atau susu nabati

Susu full cream dan produk turunannya seperti keju, es krim, dan yogurt umumnya tinggi lemak. Makanan olahan dari produk susu dapat meningkatkan asam lambung.

Sedangkan makanan tinggi lemak seperti susu full cream bisa semakin melemahkan otot sfingter esofagus dan memperburuk asam lambung.

  • Daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, ikan, telur

Pilih jenis protein sehat yang dimasak dengan cara sehat sebagai camilan untuk penderita asam lambung.
Penderita disarankan makan daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, ikan, dan telur. Masak protein tersebut dengan cara sehat seperti ditumis, direbus, atau dikukus.

Hindari menggoreng protein tersebut karena bisa membuat makanan jadi tinggi lemak. Hindari segala jenis daging berlemak dan daging olahan seperti bacon, sosis, hot dog, burger, nugget, ayam goreng siap saji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *